Ulang Tahun Nama Pelindung Ling Bartolomeus

Puji Tuhan. Akhirnya apa yang selama ini menjadi kerinduan umat lingkungan Santo Bartolomeus menjadi kenyataan, karena baru kali ini kami bisa mengadakan Misa Lingkungan yang bertepatan dengan hari nama pelindung lingkungan kami yaitu Santo Bartolomeus pada tanggal 24 Agustus 2017 lalu.

Dengan persiapan yang terbilang minim, acara ini bisa berlangsung dengan baik berkat semangat dan partisipasi dari umat, di mana sehari sebelum acara, bapak-bapak sudah sibuk mempersiapkan tata kursi dan pemasangan tenda mengingat tempat yang tidak kondusif. Begitu juga dengan ibu-ibu lingkungan yang berbagi tugas dalam mempersiapkan konsumsi dan tata altar.

Ulang Tahun Nama Pelindung Ling Bartolomeus

Acara Misa Syukur ini dimulai jam 19.00 WIB yang dipimpin oleh Romo Vincent bertempat di rumah bapak Yohanes (Ketua Lingkungan) di Perumahan BCM. Untuk nyanyian koor dipimpin oleh bapak Elias.

Dalam homilinya, Romo Vincent menjelaskan seperti apa sosok seorang Bartolomeus atau yang di dalam Alkitab disebut Natanael, sebagai salah seorang dari kedua belas rasul.

“Lihatlah, inilah seorang Israel sejati, tidak ada kepalsuan di dalamnya dan karena imannya ia pun mengabdikan seluruh hidupnya sebagai pewarta injil yang pemberani”. Diakhir homilinya, Romo mengajak kita untuk mengikuti teladan hidup dari Bartolomeus yang tidak munafik, jujur, tulus dan tampil apa adanya.

Ulang Tahun Nama Pelindung Ling Bartolomeus

Setelah Misa yang dihadiri oleh lebih kurang 100 orang termasuk anak-anak ini selesai, lalu dilanjutkan dengan acara foto bersama. Selanjutnya, pemotongan tumpeng oleh Romo Vincent dan diberikan kepada Bapak Yohanes sebagai Ketua Lingkungan sambil menyanyikan lagu Selamat Ulang Tahun. Sebagai acara penutup, diadakan jamuan makan malam. Meskipun sederhana, tetapi dengan rasa kebersamaan dalam iman, kasih dan pengharapan, dalam hati kami berkobar sukacita yang luar biasa.

Akhir kata, pengurus lingkungan Santo Bartolomeus mengucapkan terima kasih atas kehadiran Romo Vincent dan memimpin Misa Syukur ini. Semoga Tuhan selalu memberikan kesehatan dan karya pelayanannya dapat menjadi berkat. Terima kasih juga kepada umat yang telah ikut berpartisipasi. Kita percaya dalam keadaan apa pun, Tuhan mengetahui seluruh isi hati kita dan apa yang kita butuhkan. Untuk itu, marilah kita mempercayakan hidup kita sepenuhnya kepada-Nya dengan menjadi “Bartolomeus-Bartolomeus” yang baru di lingkungan kita. Tuhan memberkati!

-Hendra N. Purba/Lilin Nastiti-