PAK

Sebentar lagi, selesai sudah kita lewati pelajaran Agama Katolik sekolah negeri tahun pelajaran 2016/2017 yang selama ini sudah berjalan baik. Untuk mengakhiri kegiatan belajar mengajar setelah menyelesaikan UKK (Ulangan Kenaikan Kelas) bersama di Paroki Ibu Teresa Cikarang pada tanggal 21 Mei 2017 yang lalu, saatnya mereka mendapatkan nilai untuk diserahkan ke guru mereka masing-masing.

Sabtu sore, 27 Mei 2017, bertempat di rumah ibu Eni, perumahan Pemda Graha Sukadami bersamaan dengan penyerahan nilai UKK, kami bersama-sama menutup akhir tahun pelajaran ini dengan beberapa pembekalan untuk siswa agar mereka mampu bertumbuh dan bangga sebagai orang Katolik. Pembekalan ini dibawakan oleh suster-suster dari ordo SFMA yang saat ini berkarya di Paroki Ibu Teresa Cikarang, yakni Suster Teresa, Suster Elsa dan Suster Ima. Tema yang dibawakan adalah “Menanggapi panggilan Tuhan dalam hidup, baik hidup berkeluarga maupun membiara dan tetap bertumbuh dalam iman katolik di lingkungan sekolah yang minoritas”.

Paskah BIA BIR

Acara dibuka dengan lagu “Amalkan Pancasila; Makin Adil, makin Beradab”. dan dilanjutkan sambutan dari ketua lingkungan, di mana hadir bersama kami ketua lingkungan Vincentius, Bapak Linus Eko. Anak-anak begitu antusias mengikuti renungan yang dibawakan oleh Suster Teresa dan juga menyanyikan lagu-lagu dari Suster Ima dan Suster Elsa. Pertama-tama, Suster Teresa menceritakan bagaimana perjalanan panggilan hidupnya sehingga menjadi seperti sekarang dan beliau juga menampilkan ordo SFMA yang berpusat di Korea melalui tampilan slide yang dikemas begitu bagus. Ternyata anak-anak sangat tertarik, banyak pertanyaan yang diberikan tentang panggilan hidup, sehingga kegiatan menjadi seru dan tidak membosankan. Semoga anak-anak ada yang terpanggil menjadi Suster, Pastor atau Bruder. Suster juga memberikan pesan singkat tentang toleransi beragama baik lingkungan masyarakat, maupun di lingkungan sekolah di mana kita mempunyai dasar yang kuat yakni Pancasila. Sehingga kita harus tetap menghormati mereka.

Paskah BIA BIR

Karena waktu sudah mulai malam, maka acara puncak adalah penyerahan nilai UKK, pemberian kenang-kenangan untuk para suster dan pemberian hadiah untuk pemenang cerdas cermat, nilai tertinggi, dan siswa yang punya dedikasi tinggi dalam mengikuti pelajaran agama. Tepat pukul 19.30, acara ditutup dengan doa.

Harapan dan misi kami sebagai pendamping PAK (Pendidikan Agama Kristen) adalah selain mendapat nilai agama, anak-anak mampu bertumbuh dalam iman Katolik di masa yang akan datang di dalam kehidupan masyarakat yang cukup keras ini. Selamat berjuang, sampai jumpa di tahun pelajaran 2017/2018.

Tuhan memberkati.

- Eni/Diana, Pend. PAK -