penyakittypus

Penyakit Tifus atau Demam Tifoid merupakan salah satu penyakit infeksi menular yang banyak terjadi di Indonesia.

Gejala awalnya adalah demam yang semakin meningkat menjelang malam hari. Biasanya disertai dengan gejala gangguan pencernaan seperti mual, muntah, sakit perut sampai dengan diare. Kuman penyebab penyakit Tifus adalah bakteri Salmonella Thypii. Bakteri tersebut berdiam dan berkembangbiak di usus halus manusia. Penyakit yang menyerupai penyakit Tifus adalah penyakit Paratifus atau Demam Paratifoid yang gejalanya lebih ringan dibandingkan Tifus.

Penularan penyakit Tifus adalah melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi tinja penderita tersebut.

Gejala penyakit Tifus tidak khas, sehingga harus dipastikan dengan pemeriksaan laboratorium darah, yaitu : Tubex TF atau Widal setelah 3-5 hari demam.

penyakittypus

Pertolongan pertama yang bisa dilakukan

di rumah ketika anggota keluarga kita demam adalah pemberian obat penurun panas yaitu parasetamol. Jika tidak membaik dalam 2- 3 hari, maka perlu periksa ke dokter disertai pemeriksaan laboratorium. Pengobatan Tifus adalah menggunakan antibiotik sesuai dengan resep dokter selama 5-14 hari.

Untuk mengetahui pasti apakah kita sudah sembuh dari penyakit Tifus, bisa ditandai dengan tidak adanya demam dan gangguan pencernaan, serta pemeriksaan kultur tinja setelah selesai mengkonsumsi antibiotik untuk memastikan tidak ada lagi kuman Tifus di dalam usus kita.

Pencegahan yang bisa dilakukan adalah memperhatikan kebersihan makanan dan minuman yang kita konsumsi. Mencuci bahan-bahan makanan dengan air bersih, minum air yang bersih dan matang. Jangan lupa mencuci tangan sebelum makan.

Saat ini sudah ada imunisasi Tifus yang berlaku 3 tahun sekali. Pemberian imunisasi Tifus bisa diberikan mulai anak usia 2 tahun sampai dengan dewasa.

- Penulis : dr. Ida Melani Santoso, SpPD -