Logo
images

Tips Mengatasi STRESS Remaja Jaman Now

Banyak orang bilang, stres merupakan reaksi yang normal akibat adanya tekanan hidup. Dan siapapun bisa mengalami stres termasuk para remaja. Banyak hal yang menjadi sebabnya, entah karena masalah pribadi, keluarga, pertemanan ataupun masalah sekolah. Permasalahan yang sering menjadi pemicu stres adalah tugas yg menumpuk, nilai turun, putus cinta, komunikasi yang buruk dengan orangtua, dll. Karena sebab-sebab tersebut, remaja sering menjadi kehilangan pikiran sehat, kurang mau berinteraksi sosial dan menurunnya kesehatan tubuh. Stres bisa kita hindari antara lain dengan beberapa tips sebagai berikut:

1. Mendengarkan musik
Penelitian pada tahun 2008 menyatakan bahwa mendengarkan musik selama 30 menit mampu
mengurangi stres dan menghilangkan rasa sakit karena saat mendengarkan tubuh menjadi selaras dengan suara musik yang didengarkan.

2. Tidur
Tidur merupakan cara yang paling efektif untuk menghilangkan stres dengan waktu 8 jam karena tidur dapat meningkatkan kualitas hidup, menambah semangat dan memperbaiki tubuh. Jika kurang tidur dapat menyebabkan masalah terhadap memori otak.

3. Rekreasi / berlibur
Rekreasi/berlibur sangat dibutuhkan oleh orang di sekitar lingkungan negatif. Rekreasi dapat menghilangkan stres seseorang karena suasana hati akan menjadi rileks di lingkungan yang memiliki ketenangan dan kenyamanan.

4. Tertawa
Tertawa merupakan efek yang paling baik untuk otak. Kita hanya membutuhkan waktu 5 – 10 menit untuk tertawa maka tubuh kita akan merasa tenang. Selain itu, tertawa dapat menurunkan darah tinggi dan mencegah penyakit jantung. Agar dapat tertawa, bacalah buku atau nontonlah film komedi/humor, bercanda dan bermain dengan teman, keluarga, main game yang terkontrol, dll.

5. Olahraga Ringan
Olahraga menjadi penting bagi kita semua, demikian juga teman-teman para remaja. Dengan berolahraga tubuh kita akan menjadi fresh, bugar serta pikiran menjadi jernih. Olahraga apapun yang menjadi kebiasaan kita sangatlah baik untuk dilakukan demi menghindari ataupun mengurangi stres.

6. Berpikir dan bertindak positif
Pikiran adalah kunci segala perbuatan kita, jadi penting sekali untuk selalu berusaha untuk berpikir positif agar seluruh tindakan dan perbuatan kita menjadi positif.

7. Membangun komunikasi yang baik dan sehat
Ayo kita upayakan untuk bisa berkomunikasi baik dan sehat dengan siapa saja terutama orangtua, guru, teman dan siapa lagi kalau bukan Yesus. Karena bersama Dia dan mereka hari-hari kita kita harapkan dapat terlalui dengan baik dan akan menjadi bernilai.

 

Akhirnya teman-teman, janganlah kita kuatir. Stres itu sangat bisa kita hindari dan atasi di antaranya dengan melakukan hal-hal tersebut di atas. Atau hal lainnya yang positif sehingga kita siap menjadi remaja jaman “now “ yang sehat lahir batin dan siap untuk memuliakan Tuhan.

 

Maria Roweni
Lingkungan Elisabeth

 



Dipost Oleh Simon

~ Simon ~

Tinggalkan Komentar