Rapat Karya

Rapat Karya

Yesus Gembala Yang Baik

Tidak terasa sekarang sudah memasuki bulan Oktober. Tepat setahun yang lalu Paroki Cikarang-Ibu Teresa melakukan kegiatan Rapat Karya 2016. Dalam rapat akbar tahunan itu, Paroki Cikarang menghasilkan berbagai rencana karya lingkungan- lingkungan dan  bidang- bidang  (Peribadatan, Pewartaan, Pelayanan, Persekutuan, dan PTK)  untuk mendukung gerakan bersama yang dicanangkan oleh Keuskupan Agung Jakarta (KAJ). Gerakan Bersama KAJ sudah dicanangkan dalam bentuk Arah Dasar KAJ 2016 – 2020.

 

Arah Dasar KAJ 2016 – 2020 menyatakan bahwa Keuskupan Agung Jakarta berkomitmen untuk :

  1. Mengembangkan pastoral keluarga yang utuh dan terpadu.
  2. Meningkatkan kualitas pelayanan pastoral dan kader awam.
  3. Meningkatkan katekese dan liturgi yang hidup dan memerdekakan.
  4. Meningkatkan bela rasa melalui dialog dan kerjasama dengan semua orang yang berkehendak baik untuk mewujudkan masyarakat yang adil, toleran dan manusiawi khususnya untuk mereka yang miskin, menderita dan tersisih.
  5. Meningkatkan keterlibatan umat dalam menjaga lingkungan hidup di wilayah Keuskupan Agung Jakarta.

Berdasarkan Arah Dasar KAJ di atas, setiap tahun Dewan Karya Pastoral KAJ menyusun Rencana Strategi sebagai bahan acuan Rapat Karya di tiap paroki di KAJ. Rencana Strategi atau RENSTRA ini disusun dengan mempertimbangkan problem dan kondisi situasi terkini, termasuk isu-isu nasional Indonesia yang dinamikanya selalu berubah.

 

Dalam Rapat Karya Paroki Cikarang tahun ini, rangkaian kegiatannya dimulai dari kegiatan PRA RAKA 1 pada tanggal 17 September 2017, kemudian dilanjutkan PRA RAKA 2 pada tanggal 15 Oktober 2017, dan diakhiri dengan puncak acara RAPAT KARYA 2017 pada tanggal 12 November 2017.

 

Garis besar rangkaian kegiatannya adalah sebagai berikut:

  1. PRA RAKA 1: Tim Steering Comitee yang dikoordinatori oleh Bapak FX. Suyadi, Bapak Robert Girsang, dan Ibu Lanawati memberikan penjelasan tentang jadwal rangkaian acara dan apa saja yang harus dilakukan oleh bidang - bidang paroki maupun pengurus lingkungan. Kegiatan yang paling penting di antara masa PRA RAKA 1 dan PRA RAKA 2 adalah bahwa setiap bidang paroki yang dipimpin oleh DPH pendamping masing-masing melakukan Rapat Karya Bidang untuk melakukan evaluasi karya-karya tahun lalu dan menyusun kembali Rencana Karya untuk tahun depan.
  2. PRA RAKA 2: Rapat ini akan menyampaikan kepada pengurus- pengurus lingkungan, apa saja Rencana Karya bidang-bidang dan poin-poin penting Sasaran Prioritas yang menjadi perhatian dari paroki. Materi tersebut akan digunakan oleh lingkungan-lingkungan sebagai bahan untuk berdiskusi saat melaksanakan Rapat Karya di lingkungannya. Kegiatan yang paling penting antara masa PRA RAKA 2 dan RAKA adalah Rapat Karya tingkat Lingkungan. Setiap lingkungan harus melaksanakan Rapat Karya Lingkungan dengan dipimpin oleh Steering Comitee atau SC lingkungan yang sudah ditunjuk oleh Ketua Lingkungan masing-masing dan diikuti oleh pengurus dan umat lingkungan.
  3. RAKA 2017: Rapat ini adalah acara puncak. Pada rapat ini, ada rapat pleno untuk mendapatkan penegasan bersama dan komitmen bersama untuk menjalankan Rencana Karya yang sudah dihasilkan dalam Rapat Karya di lingkungan maupun bidang.

 

Pada tahun ini tema Rapat Karya yang diambil oleh tim SC adalah “KEBHINNEKAAN SEBAGAI BERKAT”. Tema itu disesuaikan dengan titik berat prioritas dari KAJ untuk lebih mendalami implementasi dari Pancasila, terutama sila ke-3 “Persatuan Indonesia”. Tema tersebut juga disesuaikan dengan Arah Dasar KAJ yang berkomitmen untuk mewujudkan kerajaan Allah yang Maharahim dengan mengamalkan Pancasila.

 

Untuk mendukung terlaksananya Rapat Karya 2017 ini, telah dibentuk panitia pelaksana Organizing Comitee atau OC yang terdiri dari lingkungan Angela, Birgitta, Hendrikus dan Maria. Telah terpilih pula Bapak Bonifacius Suisyarjo sebagai ketua panitia OC RAKA dari lingkungan Birgitta.

Marilah kita mendoakan agar semua rangkaian acara Rapat Karya 2017 PITC dapat berjalan dengan baik dan selalu berada dalam karunia Roh Kudus sehingga menghasilkan Rencana-rencana Karya yang mendukung Gerakan Bersama Keuskupan Agung Jakarta dan memberikan kebaikan bagi umat PITC dan masyarakat di sekitarnya.

 

Kita semua sebagai umat dituntut untuk berperan serta dalam pembuatan kebijakan dan rencana karya di lingkungan. Semoga umat lingkungan bersemangat untuk mengikuti Rapat Karya di lingkungan masing-masing.

Mari kita berpartisipasi. Tuhan memberkati.

 

(Antonius Dandi)

Dipost Oleh Simon

~ Simon ~

Post Terkait

Tinggalkan Komentar